Indahnya Menjadi Tamu Allah Ketika Ibadah Umroh

palugadaabah.com-Labbaikallahumma Labbaik – Aku memenuhi panggilan Mu ya Allah, berkunjung ke rumah Mu ya Rabb menunaikan ibadah umroh, bertasbih, bertakbir dan betahmid, mengelilingi Baitullah, berlari kecil berkeliling anatara bukit safa dan marwa.

Ibadah umroh atau Haji kecil biasa orang menyebutnya adalah rangkaian ibadah yang diperintahkan oleh Rosulullah SAW, sebagai bukti ketaatan seorang muslim dan muslimah, memenuhi undangan Allah untuk bersimpuh dan berdoa, mengagungkan Asma Allah, berdzikir, memohon ampunan dan hanya mangharapkan Ridha Allah semata, sungguh suatu kebahagiaan yang tak dapat dinilai dengan harta benda, karena kita berada di tempat suci dan mulia.

HADITS QUDSI: TIGA UNSUR KEWAJIBAN UMROH/HAJI: KESEHATAN, KELAPANGAN REJEKI DAN WAKTU LIMA BAHKAN EMPAT TAHUN:

عَن أَبِي سَعِيدٍ , رَضِيَ الله عَنْهُ : أَنَّ رَسُولَ الله صَلَّى الله عَلَيه وسَلَّم ، قَالَ : إِنَّ الله , عَزَّ وَجَلَّ , يَقُولُ : إِنَّ عَبْدًا أَصْحَحْتُ لَهُ جِسْمَهُ ، وَأَوْسَعْتُ عَلَيْهِ فِي الْمَعِيشَةِ تَمْضِي عَلَيْهِ خَمْسَةُ أَعْوَامٍ لاَ يَفِدُ إِلَيَّ لَمَحْرُومٌ.

 Nabi Muhammad Saw berkata: “Allah telah berseru: “Sesungguhnya Seorang Hamba Telah Aku Sehatkan Badannya, Aku Luaskan Rezekinya, Tetapi Berlalu Dari Lima Tahun Dan Dia Tidak Menghandiri Undangan-Ku (Haji/Umroh), Maka Sungguh Dia Orang Yang Benar-Benar Terhalang (Dari Rahmat Allah Dan Kebaikan Tak Terbatas)”. Hr. Ibnu Hibban Dan Dishahihkan Oleh Al Albani Di Dalam Kitab Silsilat Al Ahadits Ash Shahihah, No. 1662.

Hadits Qudsi di atas, sudah sangat jelas disampaikan betapa pentingnya melakukan Umroh bagi mereka yang sehat secara phisik dan mampu secara financial, mamun banyak sekali kaum muslimin dan muslimat yang memenuhi syarat itu tapi tak tergerak hatinya untuk melakukan ibadah haji atau umroh, ini membuktikan Allah hanya memanggil yang mau bukan yang mampu.

Umroh atau Haji, akan lebih terasa dan bermakna jika kita melakukannya secara ikhlas dan mempersiapkan diri dengan berbekal pengetahuan agama secara baik dan benar, taat dan patuh pada aturan-aturan yang Allah tetapkan, menjauhkan diri kita dari larangan-larangan Allah SWT, begitu pula ketika kita melakukan umroh ada aturan-aturan yang harus kita patuhi agar kita mendapatkan umroh atau haji yang mabrur.

Didalam Ibadah Umroh ada hal-hal yang harus diketahui oleh calon jamaah antara lain :

  1. Syarat Umroh
  2. Rukun Umroh
  3. Wajib Umroh
  4. Tata cara Umroh

Paket Umroh Reguler, Syarat ibadah umroh adalah, Beragama Islam, Baligh dan Berakal Sehat, Merdeka Bukan Budak), mampu dengan kata lain tercukupi secara Kesehatan, Uang atau Bekal, Kendaraan serta Biaya.

Rukun Umroh, mempunyai urutan sebagai berikut. Ikhram, tawaf, Syai, Tahalul, Tertib.

Wajib Umroh, ada hal-hal yang wajib didalam melakukan Umroh antara lain ; Melakukan ikhrom saat Mendekati Miqot, Bertahalul dengan Mencukur habis rambut di kepala atau sebahagian, barang siapa yang meninggalkan rukun maka ibadah umrohnya tidaklah sempurna dan harus mengulangi, meninggalkan salah satu kewajiban Umroh dapat tetap sah, dan kesalahan yang dilakukan dapat di ganti dengan DAM, Jika suami istri melakukan hubungan suami istri sebelum melakukan tahalul, maka wajib membayar yang senilai dengan seekor kambing.

Tatacara Ibadah Umroh, dalam pelaksanaan ibadah umroh ada hal-hal penting yang harus diketahui dan diperhatikan anatara lain sebagai berikut ; Mandi Besar atau janabah sebelum ihrom untuk melakukan umroh hal disunnahkan, menggukan kain ikhrom 2 kain yang disarungkan dan di selendangkan, untuk kaum wanita menggukan mukena atau pakaian yang menutup aurat, tidak diperkenankan menggunakan cadar dan sarung tangan dan juga perhiasan, Niat ibadah Umroh dilakukan dalam hati ketika di miqot ( batas daerah tanah suci ).

Lalu Shollat sunnat 2 rokaat dan menucapkan Talbiyah Labbaika Allahuma Umrottan dan kemudian bertalbiyah dengan suara yang lantang Labbaika laa syarika Laka Labaik Innal hamda wan ni’mata laka wal mulk laa syarika laka. talbiyah ini di baca sampai jamaah masuk Kota Mekkah dan disunnahkan mandi terlebih dahulu kemudian Talbiyah berhenti ketika kita memasuki ibadah Umroh dengan rukunnya Tawaf, syai ,Tahalul Tertib termasuk doa2 didalam rukun ibadah umroh tersebut.

Betapa indahnya melakukan  umroh atau haji, bersegeralah jika sudah mampu secara financial dan sehat phisik jangan menunda-nunda….

×

Asalammualaikum...

Semoga anda semua selalu sehat, kami ingin mengajak anda untuk menjadi Tamu Allah, bersama Tanur Muthmainnah dengan berbagai kemudahan dan Paket-paket yang memudahkan dan terjangkau untuk anda memenuhi Panggilan menjadi tamu Allah, EASY UMROH , atau PEBIAYAYAAN SYARIAH, tanur akan membantu anda.

× Mau Penjelasan Lengkap